Tips Perawatan Burung Kapas Tembak

Perawatan Burung Kapas Tembak – Pada mulanya, kapas tembak hanya sebatas burung master atau burung isian.

Namun karena suara kapas tembak bagus, bervareasi dan pandai menirukan suara burung lain. Sekarang kapas tembak termasuk burung kontes dan sudah banyak daerah yang membuka kelas kontesnya, seperti di Sumatra, Jawa dan juga Bali.

Dari tahun ke tahun, penggemar kapas tembak samakin meningkat, suara kapas tembak menjadi isian favorit para penggemar kicau.

Meski harga kapas tembak gacor cukup mahal, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat para penggemar setiapnya untuk membeli. Coba saja tengok daftar harga burung kapas tembak pada link tersebut.

Kapas tembak termasuk burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Sehingga perawatannya juga cukup mudah, tidak jauh beda dengan burung cucak jenggot.

Nah, pada artikel ini saya akan mengulas sedikit tentang perawatan kapas tembak. Tidak semua perawatan saya ulas disini, karena secara umum perawatannya tidak beda dengan burung pengicau lain.

Lalu apa yang akan dibahas? beberapa point yang akan dibahas yaitu pakan untuk kapas tembak dan juga pemasteran.

Perawatan Burung Kapas Tembak

Perawatan Burung Kapas Tembak

Sebelum kita bahas tentang perawatan kapas tembak, dibawah ini saya akan menuliskan point-point tentang perawatan burung secara umum.

Perawatan Burung Kicau Secara Umum

Secara umum, perawatan burung pengicau tidak jauh beda. Perbedaan biasanya ditemukan para penghobi burung untuk menyesuaikan karakter burung yang dimiliki. Sedangkan point umumnya seperti berikut ini :

  • Memandikan burung dipagi atau sore hari
  • Membersihkan Kandang
  • Menjemurnya
  • Memberi Pakan dan minum
  • Mengkrodong
  • Pemasteran

Itulah point umumnya, hal tersebut berlaku juga untuk kapas tembak.

Perawatan Kapas Tembak

Seputar Pakan Tambahan Kapas Tembak

Pakan utama kapas tembak adalah buah-buahan seperti pepaya dan juga pisang. Sedangkan untuk pakan tambahannya sobat bisa memberikan jangkrik.

Jangkrik merupakan sumber protein yang bagus untuk kapas tembak, dan dipercaya dapat membuat burung menjadi gacor dan rajin bunyi.

Meski saat dialam liar kapas tembak juga menyukai aneka serangga kecil seperti jangkrik. Namun dalam praktik saat dipelihara, tak jarang burung ini tidak mau makan jangkrik.

Sebenarnya hal ini bukan masalah jika burung sudah gacor dan rajin bunyi.

Apabila burung tidak mau makan jangkrik, sobat bisa menggantinya dengan serangga yang kandungan proteinnya tinggi seperti belalang hijau atau kroto setiap hari.

Jika memang tetap tidak mau, berikan multivitamin 2-3 kali seminggu supaya kondisi tetap fit.

Selanjutnya kita bisa melatih burung makan jangkrik dan aneka serangga lain secara perlahan. Caranya seperti berikut ini :

  • Mencampur jangkrik dengan Voer

Ini adalah cara lama yang sering dipakai para kicamania untuk melatih burung kesayangannya. Caranya ambil bebeapa ekor jangkrik, potong kepala dan juga kaki-kakinya.

Masukan kedalam cepuk bersama voer yang biasa sobat berikan. Dengan cara demikian burung akan menganggap jangkrik adalah pakan yang sudah diberikan.

  • Angkat voer dan buah pada sore hari

Menjelang burung istirahat, sore hari, angkat cepuk voer dan juga buah yang anda sediakan.

Krodong sangkar dan biarkan burung kapas tembak isitrahat dengan lampu dimatikan.

Pada esok pagi silahkan buka krodong, jangan diberi buah maupun voer, namun berikan jangkrik yang sudah dipotong kepala dan kaki-kakinya.

Cara pemberiannya bisa sobat vareasi sendiri, bisa memasukan jangkrik kedalam cepuk, memberikan dengan tangan langsung atau menggunakan lidi.

Perhatikan apakan burung mau menyentuh jangkrik tersebut atau tidak. Jika tidak, berikan pakan seperti biasa. Namun jangan menyerah, lakukan proses ini setiap hari.

  • Mencampur jangkrik dengan kroto

Apabila burung lebih suka memakan kroto, kita manfaat kroto tersebut seperti cara pertama diatas.

Campurkan jangkrik potongan dan kroto, lalu aduk hingga rata dan berikan pada burung. Dengan cara ini burung akan terbiasa dengan aroma dan rasa jangkrik.

Lakukan proses diatas secara teratur dan konsisten, jangan mudah menyerah hingga burung mau memakan jangkrik sebagai menu harinnya.

Buah Untuk Kapas Tembak

Buah merupakan pakan wajib yang harus diberikan, buah favorit kapas tembak yaitu pisang kepok.

Tips agar kapas tembak rajin bunyi, gacor dan lincah, oleskan madu pada pisang kepok. Tapi jangan memberikan madu secara berlebihan ya, karena hal tersebut tidak baik, bisa membuat burung over birahi.

Kapas Tembak Buka Ekor

Gaya buka ekor kapas tembak sebenarnya sama seperti gaya burung trucukan yang buka sayap, atau burung kacer yang ngegaruda.

Berkicau sambil buka ekor merupakan gaya kapas tembak untuk memberi tau wilayah teritorialnya.

Hampir semua kapas tembak mampu bergaya buka ekor, namun dengan kondisi tertentu seperti :

  • Kondisi fisik burung kapas tembak sehat, tidak dalam kondisi mabung atau sakit, tidak kekurangan gizi dan fit.
  • Burung sudah mapan. Umumnya burung yang sudah dewasalah yang lebih sering menampilkan buka ekor. Sedangkan burung muda biasanya hanya meniru gaya disekelilingnya.

Gaya buka ekor ini akan membuat kapas tembak terlihat lebih gagah, terutama dalam perlombaan, prilaku tersebut akan menjadi nilai tambahan bagi juri.

Melatih kapas tembak buka ekor sebenarnya cukup mudah, caranya jaga kesehatan burung dan latihlah dengan burung dewasa yang sudah buka ekor.

Pemasteran Kapas Tembak

Secara alami, suara kapas tembak sudah sangat bagus dan bervareasi, sehingga banyak orang yang memanfaatkan suaranya untuk masteran.

Selain sebagai burung master, kapas tembak juga bisa dimaster dan cukup pandai meniru suara burung lain.

Jika sobat rajin memasterkan burung ini dengan suara gacor burung lain seperti kenari, serindit, lovebird atau cililin, pasti suara kicaunya akan semakin dahsyat.

Tags: