Perbedaan Kapas Tembak dengan Cucak Jenggot

Halo sobat CitCuit.com, tak ada bosannya kita mengulas tentang burung kicau.

Pada artikel ini mimin akan mengulas tentang perbedaan burung kapas tembak dengan burung cucak jenggot.

Kenapa mengambil tema ini? Karena masih banyak kicaumania yang kesulitan membedakan kedua jenis burung tersebut.

Sebenarnya ini hal yang wajar, terlebih bagi para pemula. Kapas tembak dan cucak jenggot memang memiliki perawakan yang sangat mirip.

Meski terlihat sangat mirip, namun kita masih bisa melihat perbedaannya dari beberapa ciri fisik keduanya.

Selain dari ciri fisik, kita juga bisa membedakan cucak jenggot dan kapas tembak dari segi suara, namun perlu kepekaan telinga yang bagus.

Namun untuk para pemula, tentu akan lebih mudah melihat perbedaan dari segi fisik.

Baca juga : Perawatan Burung Kapas Tembak

Perbedaan Kapas Tembak dengan Cucak Jenggot

Sebelum kita bahas tentang perbedaan antara kapas tembak dan cucak jenggot. Dibawah ini mimin akan memberikan sedikit gambaran atau informasi tentang kedua jenis burung tersebut.

Burung Kapas Tembak

Burung Kapas Tembak

Kapas Tembak merupakan nama lain dari burung Merbah belukar. Burung yang berasal dari keluarga Pycnonotidae ini memiliki nama latin Pycnonotus plumosus. Berdasarkan keterangan diatas, artinya kapas tembak masih satu keluarga dengan burung kutilang, cucakrowo, trucukan dan cucak jenggot.

Burung kapas tembak memiliki ukuran tubuh sedang, lebih kurang 19-20 cm. Hidup di dataran rendah dan menyukai daerah yang berpohon rindang, baik dipinggiran hutan maupun hutan lebat.

Sisi bagian atas kapas tembak, seperti punggung ditumbuhi bulu berwarna kecoklatan dan dibagian saya tersaput warna hijau zaitun.

Dibagian dagu, tenggorokan dan dada atas berwarna putih atau keputihan. Sedangkan dada bagian bawah dan perut tersaput hijau zaitun muda.

Burung Cucak Jenggot

Burung Cucak Jenggot

Cucak Jenggot merupakan salah satu jenis burung cucak-cucakan yang cukup populer di Indonesia. Nama resmi cucak jenggot yang dikeluarkan para Ornithology Indonesia yaitu Empuloh Janggut. Sedangkan dalam litelatur perburung Internasional, disebut dengan Grey-cheeked Bulbul.

Habitat utama burung cucak jenggot berada di Hutan primer, hutan sekunder maupun semak rendah dan rapat. Memakan buah-buahan dan juga aneka jenis serangga.

Ciri-ciri cucak jenggot yaitu tubuh bagian atas berwarna coklat zaitun. Pipi berwarna abu-abu. Bulu pada bagian dagu dan juga tenggorokan putih dapat dikembangkan, terlihat seperti jenggot. Dada bagian atas berwarna keabu-abuan, sedangkan dada bagian bawah dan perut berwarna kekuningan.

Baca juga : Download Suara Burung Kapas Tembak

Cara Membedakan Burung Kapas Tembak dan Cucak Jenggot

Perbedaan Kapas Tembak dan Cucak Jenggot

Berdasarkan ketarangan dan juga gambar diatas kita bisa melihat perbedaan kedua jenis burung pengicua tersebut dengan jelas. Berikut ini point-point nya :

1. Bulu dibagian paruh. Perbedaan mendasar dari cucak jenggot dan kapas tembak terlihat dari bulu dibawah paruh. Cucak jenggot memiliki bulu dibawah paruh yang dapat mengembang dan terlihat seperti jenggot. Sedangkan bulu dibawah paruh kapas tembak tidak dapat mengembang.

2. Bulu dibagian Dada dan Perut. Bulu bagian dada dan perut cucak jenggot didominasi warna putih kekuningan. Sedangkan bulu dada dan perut kapas tembak didominasi dengan warna putih keabu-abuan, jika terdapat warna kuning hanyalah sedikit.

Demikianlah cara membedakan kapas tembak dan cucak jenggot berdasar ciri fisiknya, semoga dengan sedikit uraian diatas membantu sobat membedakan kedua burung pengicau ini.

Tinggalkan komentar