Pakan Burung Kacer Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Pakan Burung Kacer – Seperti yang kita tahu, kacer merupakan burung kicau paling diminati saat ini, entah sebagai burung rumahan maupun burung kontes.

Semua penggemar kacer pasti menginginkan burung kesayangannya gacor, karena salah satu daya tarik utama burung kacer terletak pada suaranya.

Untuk membuat kacer gacor bisa dibilang susah-susah gampang, namun semua itu bisa dipelajari.

Bagi yang belum paham bisa baca artikel : Cara Merawat Kacer agar jinak dan gacor yang sudah saya bagikan beberapa hari yang lalu.

Selain pandai berkicau, tentu sebagai pemilik menginginkan burung andalannya sehat, gesit dan juga lincah.

Nah, salah satu faktor memiliki burung yang pandai berkicau, sehat, gempal, lincah dan juga gesit terletak pada pemberian pakan.

Meski si burung tak akan protes dengan pakan apa yang kalian berikan, namun kita tetap harus tanggung jawab pada si burung dengan memberikan asupan pakan yang bernutrisi.

Jadi untuk teman-teman yang belum tahu apa saja jenis pakan yang bagus untuk burung kacer, silahkan simak artikel berikut ini.

Pakan Burung Kacer yang Bagus

1. Voer

Voer

Untuk memudahkan pemberian pakan pada burung kicau, terciptalah pakan buatan yang kita kenal dengan sebutan Voer.

Voer merupakan pakan racikan dari bahan-bahan pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi burung.

Secara alami, kacer memang tidak mamakan voer, namun kita bisa melatihnya. Tujuan pemberian voer yaitu supaya pemberian pakan lebih mudah, selain itu kandungan voer juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan setiap burung.

Ada banyak jenis voer yang bisa sobat temukan di kios burung, tapi pastikan kalian memiliki voer khusus untuk burung kacer dan jangan gonta ganti merk.

Sebagai referensi, berikut ini beberapa merk yang menyediakan voer untuk kacer : Insect Blend, Gold Coin, Maxxx Power, Super Prima Voer, Voer HBK, Voer Ronggolawe, High Protein Voer Probird dan Omega Vit.

2. Jangkrik

Jangkrik

Jangkrik merupakan pakan favorit burung kacer dialam liar. Namun setelah kacer mau makan voer total, jangkrik umumnya hanya diberikan sebagai pakan tambahan.

Jangkrik memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung kacer yang aktif.

Kalian bisa memberikan 4-6 jangkrik setiap harinya. Misalnya pagi 3 ekor jangkrik – sore 3 ekor jangkrik. Pastikan kalian sudah menghilangkan kepala dan kaki jangkrik ketika hendak diberikan.

3. Ulat Hongkong

Pakan yang bagus untuk mendongkrak performa kacer selanjutnya yaitu Ulat Hongkong.

Pada kicaumania senior pastis udah tidak asing dengan ulang hongkong, karena hewan ini terbukti ampuh untuk meningkatkan kemampuan kacer berkicau.

Meski ulat hongkong bagus untuk kacer, namun porsi pemberiannya jangan terlalu banyak. Cukup 2-3 ekor perhari, itupun hanya ketika menjelang lomba. Misalnya H-2 sebelum lomba, jika lomba hari minggu, artinya kalian bisa memberikan ulat hongkong pada hari jum’at.

4. Cacing Tanah

Cacing Tanah untuk Pakan Kacer

Cacing ? Serius ? yups, ini serius guys, sejak dialam liar, burung kacer kerap kali turun ke tanah untuk mencari cacing.

Cacing merupakan salah satu makanan favorit nya. Jadi ketika didalam sangkar, sesekali boleh juga memberikan pakan cacing pada si kacer.

Pemberian pakan cacing tak perlu setiap hari, cukup 2 kali saja dalam satu minggu.

5. Ikan Kecil

Ikan Kecil Pakan Kacer

Mungkin terdengar aneh, namun banyak kicaumania yang memberikan burung kicaunya ikan kecil.

Memberikan ikan pada burung kacer bisa menjadi terapi tersendiri, terutama ketika burung sedang dalam keadaan drop atau stress.

Namun pastikan hanya ikan kecil saja yang diberikan, karena duri ikan kecil masih lunak. Contoh ikan kecil yang bisa kalian berikan pada kacer antara lain ikan cere atau ikan guppy.

Jangan memberikan ikan besar seperti ikan emas atau nila, sebab durinya keras.

6. Kroto (Telur Semut Rangrang)

Kroto Pakan Kacer

Pakan tambahan yang sering jadi andalan pada kicaumania yaitu kroto atau telur semut rang-rang.

Lalu kenapa dalam artikel ini menjadi urutan terakhir?

Pemberian pakan kroto untuk burung kacer masih banyak pro kontra dikalangan kicaumania.

Ada yang menganggap pemberian kroto pada kacer bisa meningkatkan performanya.

Namun dilain sisi ada yang menilai pemberian kroto pada kacer merupakan kemubaziran atau pemborosan karena tidak ada peningkatan yang berarti pada si kacer.

Ada juga yang mengatakan setelah diberi kroto, burung kacer kesayangannya menjadi tidak mau makan jangkrik lagi.

Jadi silahkan nilai sendiri, akan lebih jelas jika kalain mencoba dan mengamati burung kacer kalian setelah diberi kroto.

Itulah beberapa daftar pakan kacer yang dinilai ampuh membuat kacer gacor. Silahkan pilih pakan yang tepat untuk kacer kalian. Perhatikan dengan baik setelah pemberian pakan tambahan, bagaimana efeknya dan bagaimana hasilnya. Salam CitCuit, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar