Makanan Burung Jalak Suren yang Bagus

CitCuit.com Memiliki suara yang merdu dan pandai meniru apa yang didengar, jalak suren menjadi salah satu burung pengicau primadona.

Kemampuan berkicaunya sangat luar biasa, bahkan tidak hanya yang jantan saja, jalak suren betina pun memiliki suara yang merdu.

Dengan keisitimewaan tersebut, popularitas burung bertubuh sedang ini semakin meningkat. Ditambah lagi, saat ini sudah cukup banyak kelas kontes jalak suren yang diadakan disetiap daerah.

Sama dengan burung kicau lain, untuk memiliki jalan suren yang pandai berkicau kita harus merawatnya dengan baik. Seperti memandikannya, menjemur, menjaga kebersihan, memasterkan dan memberi pakan.

Meski terlihat sepele, pemberian pakan sangat mempengaruhi kualitas suara burung. Burung yang diberi pakan standar, pasti akan kalan gacor dari burung yang mendapatkan asupan pakan yang baik.

Oleh karena itu, kita harus jeli dalam memilih pakan untuk jalak suren supaya gacor dan rajin bunyi.

Untuk memudahkan sobat CitCuit yang setia berkunjung, dibawah ini saya sudah menuliskan daftar pakan jalak suren terbaik.

Baca juga : Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina

Jenis Makanan Burung Jalak Suren yang Bagus

Makanan Burung Jalak Suren Agar Cepat Gacor

Meski burung sudah dipelihara (tidak di alam liar lagi), semua proses perawatan tetap meruju pada kebiasaan burung di alam liar, termasuk dengan pemberian pakan.

Apabila sobat masih bingun pakan apa yang harus diberikan pada burung jalak suren, silahkan simak artikel berikut ini,

1. Buah-Buahan

Buah merupakan pakan utama yang harus diberikan pada jalak suren. Selain menjadi makanan favorite, buah-buahan segar sangat kaya akan gizi sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi. Berikut ini jenis buah yang bagus untuk jalak suren :

  • Pisang
  • Pepaya
  • Apel
  • Dan beberapa buah lainnya

Selain membuat jalak suren menjadi gacor, buah-buahan sangat baik untuk kesehatannya.

Pisang – buah pisang yang sering diberikan pada burung jalak suren yaitu jenis pisang kepok.

Pepaya – umumnya, semua jenis pepaya di sukai oleh burung jalak uren. Tak ada jenis pepaya khusus yang yang terpenting pepayang sudah matang.

Apel – Sama dengan burung kicau lain, apel menjadi salah satu makanan yang perlu anda berikan pada burung jalak suren. Biasanya apel merah lebih disukai dibangdingkan apel ijo.

Pemberian buah tidak perlu setiap hari, cukup 3 kali dalam satu minggu dan diselang seling. Misal hari senin diberi apel, kemudian hari rabu diberi papaya dan hari sabtu diberi pisang, begitu sterusnya agar si burung tidak merasa bosan.

2. Makanan Tambahan (Extra Fooding)

Untuk membuat burung menjadi gacor dan rajin bunyi, tidak cukup hanya dengan memberikan pakan utama saja. Sobat juga harus memberikan pakan tambahan atau extra fooding. Berikut ini daftar pakan tambahan yang di gemari jalak suren,

  • Kroto
  • Belalang
  • Cacing tanah
  • Jangkrik
  • Ulat hongkong (UH)
  • Dan lain-lain

Pemberian pakan tambahan sangat penting bagi burung kicau, sebab pakan tambahan biasanya mengandung protein yang tinggi sehingga bagus untuk perkembangan suara kicau burung.

Namun pemberian pakan tambahan juga tidak boleh berlebihan, harus dengan takaran yang pas.

Kroto, sobat bisa memberikan jalak suren kroto secukupnya saja, misanya satu cepuk kecil. Pastikan juga kroto tersebut segar atau tidak basi. Agar kroto selalu segar, sobat bisa membeli secukupnya saja setiap hari.

Jangkrik, untuk pemberian jangkrik bisa setiap hari, cukup berikan 3 samapi 5 jangkris saja perhari.

Cacing dan Ulat Hongkong, Dialam liar jalak suren sangat menyukai cacing dan ulat, burung ini sering mencongkel tanah untuk mengambil cacing. Sobat bisa memberikan cacing dan ulat hongkong cukup seminggu 2 kali saja, tidak perlu setiap hari.

3. Poor (Voer)

Untuk memudahkan perawatan, terutama tentang pemberian pakan. Biasanya para kicaumania melatih burung kesayangannya untuk makan voer, dikenal dengan istilah ngevoer.

Ketika burung sudah mau makan voer total, voer akan menjadi makanan utamanya. Namun perlu diingat, sobat harus konsisten memberikan jalak suren veor merk yang sama.

Kenapa harus yang sama? Karena setiap jenis voer memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Jika sobat sering mengganti jenis voer, kemungkinan besar burung akan rusak, baik suara maupun kesehatannya.

Kandung protein yang bagus untuk jalak suren yaitu sekitar 12%-18%.

4. Pasir / Serbuk Lembut

Gak salah tulis min? Masak burung dikasi pasir sih!

Mungkin terbaca aneh, namun saya tidak salah menulis. Burung jalak suren membutuhkan pasir atau serbuk lembut untuk melancarkan proses pencernaan.

Hal ini mirip dengan ayam, ketika sobat menyembelih ayam, coba perhatikan isi didalam tembolok. biasanyanya terdapat pasir atau batu-batu kecil yang berguna membatu melancarkan proses pencernaan.

Sediakan pasir / serbuk bata / genteng didalam wadah khusus dan masukan kedalam kandang jalak suren. Sewaktu burung merasa membuthkan pasir tersebut, ia akan memakannya.

5. Air Mineral

Saya sadar yang point kelima ini bukan makanan, tapi minuman. Saya tuliskan sebagai pelengkap artikel ini.

Setiap makhluk hidup semua membutuhkan air, terutama untuk minum. Jalak suren juga membuthkan air untuk minum dan mandi, jadi jangan lupa sediakan juga air minum yang steril dan pastikan selalu tersedia.

Ganti air minum tersebut sehari sekali, bisa sobat lakukan pada pagi hari. Hal ini bertujuan agar air tetap fresh dan bersih.

Jangan lupa, dengarkan juga suara jalak suren gacor

Kesimpulan

Pada dasarnya jalak suren adalah burung Omnivora, atau pemakan seagalanya. Jadi jangan heran jika semua jenis makanan, ia makan (baik aneka serangga, voer hingga buah-buahan).

Sebagai pakan utama, sobat bisa memberikan pakan Voer. Apabila jalak suren belum terbisa makan voer, silahkan latih terlebih dulu hingga mau ngvoer total.

Selanjutnya berikan pakan tambahan seoerti yang sudah saya sebutkan diatas dengan porsi yang pas. Jangan berlebihan, apapun yang berlebihan pasti tidak baik. Sobat juga memberikan multivitamin untuk menjaga kesehatan burung tersebut.

Demikianlah pembahasan kita tentang makanan burung jalak suren, semoga bermanfaat.

Salam CitCuit..

Tinggalkan komentar