10 Jenis Burung Lovebird Cantik

Jenis Burung Lovebird – Burung cinta atau yang kita kenal dengan Lovebird merupkan jenis burung paruh bengkok yang pandai berkicau.

Lovebird menjadi salah satu burung pengicau paling populer di Indonesia.  Kecantikan dan keunikan suara lovebird berhasil membuat para pecinta burung terpikat.

Dinamakan sebagai burung cinta karena sepasang burung ini kerap terlihat bertengger berdekatan dan terlihat saling menyayangi satu sama lain.

Jika kita perhatikan dipasar burung, ada banyak jenis lovebird yang dijual belikan. Namun berdasarkan Wikipedia, sampai saat ini masih terindetifikasi sembilan spesies burung cinta.

Delapan dari sembilan spesies tersebut berasal dari Afrika dan satu spesies berasal dari Madagaskan. Adapun jenis-jenis lainnya merupakan hasil perkawinan silang atau rekayasa genetik.

Burung yang terkenal dengan suara ngekeknya ini memiliki berbagai warna yang menarik. Untuk mendapatkan warna yang berbeda, kalian cukup menjodohkan dua jenis lovebird yang berbeda.

Seperti halnya yang dilakukan para pembudidaya. Untuk mengahasilkan lovebird dengan kualitas yang bagus, baik dari segi suara maupun warna, mereka kerap mengkawinkan dua jenis atau lebih. Semakin unik warna yang dihasilkan, harganya pun akan semakin mahal. Terlebih penggemar Burung Cinta di Indonesia semakin banyak.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu aneka ragam jenis lovebird, silahkan baca rangkuman kami berikut ini.

10 Jenis Burung Lovebird di Indonesia

1. Jenis Lovebird Muka Salem

JENIS BURUNG LOVEBIRD MUKA SALEM

Lovebird muka salem banyak ditemukan di daerah gurun Namib, barat daya Afrika. Spesies muka salem merupakan ras lovebird asli atau bukan hasil perkawinan silang.

Seperti namanya, lovebird muka salem memiliki bulu warna salem dibagian mukanya. Warna salem tersendiri terlihat seperti warna pink atau merah muda. Untuk bulu bagian tubuh umumnya dominan dengan warna hijau, sedangkan punggung bagian bawah dan pantat berwarna biru.

2. Jenis Lovebird Pipi Hitam

Jenis Lovebird Pipi Hitam

Lovebird pipi hitam merupakan spesies burung cinta yang banyak ditemukan di Zambia, Afrika Selatan. Spesies ini memiliki panjang tubuh sekitar 14 cm, ciri khasnya yaitu muka yang dibalut dengan bulu hitam kecoklatan.

Ciri lain dari lovebird pipi hitam antara lain bulu bagian atas kepala hingga leher berwarna cokelat kemerahan, dada berwarna orange dan bagian tubuh dominan warna hijau.

3. Jenis Lovebird Fischer

Jenis Lovebird Fischer

Lovebird Fischer memiliki nama ilmiah Agapornis Fischeri. Jenis ini peratam kali diemukan oleh Gustav Fischer, penjelajah asal Jerman pada abad ke-19.

Lovebird Fischer merupakan salah satu ras asli. Memiliki warna dasar hijau yang menyelimuti bagian dada, perut, punggung, sayap dan juga ekor.

Bagian kepala atas berwarna hijau zaitun, paruh merah terang, leher kuning hingga orange dan sedikit warna biru dibagian ekor.

4. Jenis Lovebird Kacamata Topeng

Jenis Lovebird Kacamata Topeng

Agapornis personata atau lovebird kacamata topeng merupakan salah satu jenis burung lovebird paling digemari. Sekilas, lovebird kacamata topeng terlihat seperti lovebird pipi hitam, namun apabila kalian perhatikan lebih teliti, ada bebeapa perbedaan yang cukup mencolok.

Seperti namanya, lovebird kacamata topeng memiliki ciri khas bulu sekitar kepala yang terlihat seperti topeng. Berwarna gelap, umumnya kehitaman dan dibagian mata terdapat lingkaran putih seperti kacamata.

Lovebird kacamata topeng memiliki beberapa varian warna yang menarik akibat mutasi genetik, salah satu yang khas yaitu kastanye kehitaman dan paruh merah terang.

5. Jenis Lovebird Nyasa

Lovebird Kacamata Nyasa

Lovebird Nyasa disebut juga dengan Lilianae Nyasa merupakan jenis lovebird yang banyak dijumpai di wilayah Zimbabwe utara, Tanzania selatan dan bagian timur Zambia.

Disebut Lilianae Nyasa merupakan bentuk apresiasi kepada Miss Lilian Sclater yang telah membuktikan bahwa Lovebird Nyasa merupakan spesies tersendiri, berbeda dari jenis lain.

Lovebird nyasa kerap kali dianggap sebagai jenis lovebird fischer karena memiliki pola warna yang terlihat mirip. Namun sejatinya banyak perbedaan.

Sebagian besar tubuh Lovebid nyasa dibalut dengan bulu hijau, kepalanya berwarna oranye merah, paruhnya berwarna merah terang dengan warna putih di pangkal dan memiliki cincin mata berwarna putih.

6. Jenis Lovebird Madagaskar

Jenis Lovebird Madagaskar

Lovebird Madagaskar atau yang lebih akrab disapa dengan julukan lovebird kepala abu-abu merupakan spesies burung lovebird yang berasal dari Madagaskar.

Dari puluhan jenis lovebird, lovebird madagaskar adalah jenis yang paling kecil, ukuran tubuhnya hanya sekitar 13 cm dengan berat 30-36 gram.

Selain itu, spesies ini paling mudah dikenali karena memiliki kepala berwarna abu-abu dan tubuh berwarba hijau. Saat dewasa warna sayap dan punggung lovebird Madagaskar menjadi hijau gelap.

7. Jenis Lovebird Abisinia

Jenis Burung lovebird abisinia

Lovebird abisinia atau lovebird sayap hitam merupakan jenis lovebird terbesar, panjang tubuhnya sekitar 16-16.5 cm dengan berat tubuh antara 55-60 gram.

Seperti namanya, lovebird sayap hitam memiliki bulu sayap yang berwarna hitam, yaitu pada bagian bulu sayap utama (primary) atau bulu sayap paling pinggir.

Habitat asli dari burung Lovebird Abisinia berada di dataran tinggi bagian selatan Eritra hingga ke barat daya Ethiopia.

8. Jenis Lovebird Muka Merah

Jenis Burung Lovebird Muka Merah

Lovebird Muka Merah atau Agapornis pullaria merupakan jenis burung lovebird yang berasal dari pesisir pantai Afrika tengah hingga ke barat Ethiopia.

Seperti lovebird muka salem, lovebird muka merah memiliki bulu warna merah orange yang menutupu mukanya. Selebihnya dipenuhi dengan bulu hijau terang dan tunggir biru terang.

9. Jenis Lovebird Lutino

Jenis Lovebird Lutino

Lovebird Lutino merupakan spesies lovebird hasil mutasi gen dari lovebird muka salem. Jenis lovebird ini memiliki perawakan yang tak jauh beda dengan jenis lain.

Panjang tubuhnya antara 16 – 18 cm dan bulu tubuh dominan warna kuning, sedangkan bagian leher dan kepala berwarna merah orange.

Lutino tergolong lovebird yang aktif dan memiliki suara kicau yang bagus, tak heran jika lovebird lutino dibandrol dengan harga cukup mahal.

10. Jenis Lovebird Blorok

Jenis Lovebird Blorok

Lovebird blorok merupaka sebutan untuk jenis lovebird yang memiliki gradasi warna tak beraturan yang disebabkan rekayasa genetik.

Jenis lovebird ini terbilang mahal, sebab tidak dihasilkan dengan cara mudah sehingga keberadaannya cukup langka.

Beberapa spesies lovebird blorok populer di Tanah Air kita yakni blorok violet, biru, Lutinom dan blue series.

Itulah 10 jenis burung lovebird yang ada di Indonesia. Sebenarnya masih ada banyak jenis lovebird lain yang belum saya tuliskan karena keterbatasan waktu.

Namun jangan khawatir, untuk melengkapi jenis love bird yang belum tertulis, artikel ini akan saya update secara berkala. Jadi jangan lupa simak terus CitCuit.com agar kalian tidak tertinggal dengan info kicau terbaru.

Tinggalkan komentar