Jenis Burung Kenari yang Populer

Jenis Burung Kenari – Seperti burung lain, kenari juga ada banyak jenisnya. Setiap jenis kenari memiliki karakteristik dan suara yang berbeda-beda. Jadi sangat penting untuk sobat CitCuit.com mengetahui jenis-jenis kenari sebelum membelinya.

Burung kenari terkenal dengan suara yang bervolume keras, berirama cepat dan bernada rapat. Karena suaranya tersebut, kenari menjadi salah satu burung kicau yang patut diperhitungkan.

Selain dari segi suara, kenari juga memiliki penampilan yang menarik, bertubuh kecil dengan varian warna yang cukup banyak.

Jenis Burung Kenari

Perawatan kenari terbilang sangat mudah dan bukan tipe burung yang mudah stress. Pakan utama berupa biji-bijian, agar kebutuhan nutrisi tercukupi, kenari kerap diberi pakan tambahan atau extra fooding berupa sayur atau buah. Baca : Makanan Burung Kenari

Burung kenari bukanlah burung asli Indonesia, burung ini berasal dari Kepulauan Canary yang termasuk wilayah Spanyol. Namun kenari yang ada di Indonesia, kebanyakan di import dari negara Belanda,

Kemudian oleh peternak lokal, burung kenari dibudidayakan dan dikawin silangkan sehingga bermunculan jenis kenari baru.

Sebagai seorang kicaumania, mengatahui jenis burung sangat penting, meski tidak semunya, paling tidak mengenal jenis jenis burung yang populer.

Nah, untuk membantu sobat mengenali jenis kenari populer yang bagus untuk kontes maupun hiasan dirumah. Dibawah ini mimin sudah merangkumnya secara lengkap, silahkan simak dengan baik.

Jenis Burung Kenari

1. Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire
Gambar Kenari Yorkshire

Burung kenari Yorkshire sangat populer di kalangan pecinta kenari Indonesia. Burung ini berasal dari Inggris, lebih tepatnya dari daerah Yorkshire.

Postur tubuh kenari ini cukup panjang, dengan bentuk seperti wortel terbalik (bagian atas terlihat lebih besar).

Yorkshire sebenarnya bukan ras kenari alami, melainkan hasil persilangan antara kenari jenis Lanchasire, Belgia dan Norwich hingga kemudian mendapatkan hasil kenari yang sempurna.

Tak heran jika kenari jenis ini dibandrol dengan harga yang mahal, untuk kenari Yorkshire jantan yang sudah dewasa saja dibandrol dengan harga 4jt- 10jt rupiah.

Di Indonesia, burung kenari yorkshire sering dijadikan sebagai indukan lalu disilangkan dengan kenari lokal dan menghasilkan keturunan yang kita kenal dengan kenari F1.

2. Kenari Waterslager

Jenis Burung Kenari Waterslager
Gambar Kenari Waterslager

Jenis burung kenari populer selanjutnya yaitu kenari Waterslager. Burung kenari jenis ini memiliki suara kicau yang unik, jika diperhatikan suaranya mirip suara air mendidih atau bergolak. Tak salah jika disebut dengan kenari Waterslager.

Karena suaranya yang unik, burung kenari Waterslager sangat digemari para kicaumania, suaranya sering di manfaatkan untuk masteran burung kicau lain.

Kenari Waterslager merupakan jenis kenari yang berasal dari Belgia dan cukup populer di daerah Eropa. Untuk sobat yang penasran dengan suara bisa lihat di artikel Suara Burung Kenari yang sudah saya bagikan beberapa hari yang lalu.

3. Kenari Border

Burung Kenari Border
Gambar Kenari Border

Kenari border atau Border Fancy Canary merupakan salah satu jenis kenari yang tak kalah populer dengan kenari Waterslager.

Burung kenari jenis ini memiliki tubuh bulat yang sangat menggemaskan. Selain bentuk tubuhnya yang unik, kenari border juga memiliki suara yang tak kalah menarik.

Dengan tubuh yang seperti balon dan suara kicau yang merdu, kenari border dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Harga kenari border yang masih anakan saja bisa mencapai Rp. 700.000, sedangkan yang sudah dewasa dibandrol dengan harga diatas Rp. 1.700.000,-

4. Kenari Norwich

Kenari Norwich

Seperti burung kenari Yorkshire, kenari Norwich juga berasal dari Inggris, tepatnya di wilayah Norwich.

Kenari ini memiliki ciri khas pada mukanya yang terlihat datar. Bagian kepala terlihat bersar dengan bulu yang mengembang, sehingga bola mata kenari Norwich tidak terlihat jelas. Selain itu, bentuk tubuh yang bulat membuat kenari ini terlihat unik.

5. Kenari Gloster

Jenis Burung Kenari Gloster

Burung Kenari Gloster terlihat mirip dengan kenari Nortwich. Ciri khas dari kenari ini yaitu bulu yang berada diatas kepala yang terlihat mirip seperti rambut manusia. Kenari Gloster mudah dikenali dan diingat karena ciri khas yang berbeda dengan kenari lain.

6. Kenari Roller

Burung Kenari Roller

Di negeri asalnya, Jerman, Kenari Roller dikenal dengan sebutan hartz mountain roller. Kenari jenis ini memiliki suara yang kicau yang mantap dan rajin bunyi. Yang unik dari kenari asal Jerman ini yaitu berkicau tanpa buka paruh. 

7. Kenari Spanish Timbrado

Kenari Spanish Timbrado

Seperti namanya, burung Kenari Spanish Timbrado berasal dari negara Spanyol. Kenari Spanish Timbrado merupakan salah satu jenis alami, artinya bukan hasil persilangan seperti F1.

Burung Kenari Spanish Timbrado memiliki warna bulu dengan pola yang menari, terlihat seperti batik. Dengan pola warna tersebut membuat kenari ini benar-benar beda dari jenis lain yang umumnya memiliki warna polosan.

Itulah beberapa jenis burung kenari yang saat ini bisa mimin sampaikan, semoga dilain waktu bisa dilengkapi. Dukung terus situs CitCuit.com agar mimin semakin semangat menyajikan berbagai informasi seputar burung kicau.

Tags: