5 Jenis Burung Kacer Populer di Indonesia

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, kacer merupakan burung kicau paling populer.

Memiliki suara kicau yang bagus dan mudah dimasterkan, kacer menjadi burung pengicau primadona para kicaumania.

Perlu sobat ketahui, ada banyak jenis kacer yang bisa ditemukan di Indonesia. Setiap jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, mulai dari ukuran tubuh, warna bulu hingga suara kicaunya.

Mengetahui jenis-jenis burung kacer sangat penting bagi para kicaumania. Selain untuk menentukan jenis yang bagus, setidaknya ketika ditanya soal jenis kacer kalian bisa jawab. 😀 Kan gak lucu, ngakunya kicaumania tapi jenis-jenis kacer aja gak ngerti.

Baiklah, bagi sobat yang belum ngerti apa saja jenis burung yang memiliki nama asli kucica kampung ini, silahkan simak dibawah ini.

5 Jenis Burung Kacer Populer di Indonesia

Berikut ini 5 jenis kacer lengkap dengan gambar dan penjelasannya.

1. Kacer Sumatra / Kacer Poci

Jenis Burung Kacer Sumatra

Burung kacer sumtra disebut juga dengan kacer poci / sekoci dan memiliki nama latin Copsychus saularis. Kacer jenis ini merupakan salah satu kacer terbaik untuk lomba.

Seperti kacer jenis lain, kacer sumatra juga memiliki kombinasi warna hitam dan putih. Ciri-cirinya yaitu bagian dada bawah, perut, tunggir dan ekor bagian bawah berwarna putih.

Sedangkan tubuh bagian atas seperti kepala, leher, punggung, sayap dan ekor didominasi dengan warna hitam. Dibagian sayap terdapat sedikit warna putih.

Selain suara burung kacer sumatra yang bagus, styel berkicaunya sangat anggun, disebut dengan “ngobra”. Berkicau dengan mengembangkan kedua sayap dan ekornya terlihat seperti kepala kobra.

2. Kacer Jawa / Kacer Lokal

Jenis Kacer Jawa

Kacer Jawa atau biasa disebut dengan kacer lokal adalah satu salau jenis kacer yang banyak ditemukan di wilayah Jawa.

Tidak sulit untuk mengenali kacer jawa, karena hampir seluruh tubuhnya diselimuti bulu warna hitam. Bulu putih hanya menghiasi tepi sayap saja.

Baca juga :  Pakan Burung Kacer Agar Gacor dan Rajin Bunyi

3. Kacer Madagaskar

Kacer Madagaskar

Sekilas, kacer madagaskan sama persis dengan kacer poci. Namun jika diperhatikan dengan baik, warna hitam kacer madagaskar terlihat kebiru-biruan, terlihat jelas ketika terkena sinar matahari.

4. Kacer Kalimantan

Burung Kacer Kalimantan

Kacer poci, kacer madagaskar dan kacer kalimantan memiliki pola warna yang terlihat sama. Namun jika kita teliti, pasti bisa melihat perbedaan masing-masing.

Seperti kacer kalimantan, memiliki pola warna yang sama dengan kacer sumatra namun warna putih bagia bawah tubuh cenderung agak abu-abu.

5. Kacer Blorok

Jenis Kacer Blorok

Dari sekian banyak jenis kacer, kacer blorok merupakan jenis kacer yang paling mudah dikenali.

Pola warna trotol-trotol atau blorok merupakan ciri khas dari kacer blorok. Karena memiliki suara yang bagus, jenis kacer ini cukup laris dipasaran.

Baca juga : Cara Merawat Kacer Mabung Agar Cepat Tuntas

Demikianlah jenis burung kacer yang mudah dijumpai di Tanah Air kita ini. Semua jenis kacer memiliki potensi juara, asalkan merawatnya dengan baik dan konsisten. Sekian dari mimin, salah CitCuit.

Tinggalkan komentar