Harga Burung Tekukur Terbaru 2019

Harga Burung Tekukur – Setelah kemarin kami bahas tentang suara burung tekukur berbagai versi. Kali ini kami akan membagikan informasi tentang harga terbaru burung tekukur.

Tekukur merupakan jenis burung yang tersebar luas di Indonesia. Kalian bisa menemukannya dengan mudah diberbagai wilayah.

Burung ini sering terlihat di area terbuka dan mencari makanan diatas permukaan tanah. Lebih sering terlihat di area peladangan.

Sejak zaman dulu, burung yang berkerabat dekat dengan burung merpati ini diminati banyak orang.

Dipelihara sebagai hiasan dirumah dan untuk membuat suasana rumah lebih hidup.

Suara burung derkuku terdengar sangat merdu, terlebih ketika sang jantan sedang memikat si betina. Ia akan mengeluarka anggungan dan gerakan yang mengagumkan.

Selain itu, perawatan burung tekukur terbilang sangat mudah. Untuk membuatnya gacor tidak membutuhkan waktu yang lama maupun perawatan yang rumit.

Cukup dengan menjaga kebersihan, memberikan pakan yang baik dan sedikit pancingan bisa membuat tekukur bersuara merdu.

Harga Burung Tekukur

Lalu bagaimana cara mendapatkan burung tekukur? Caranya sangat mudah, kalian bisa memikatnya dialam liar atau membelinya dipasar burung.

Yups, sudah banyak yang menjual burung tekukur. Harganya pun relatif murah, tergantung dari jenis dan kemampuannya.

Untuk kalian yang berniat membeli burung tekukur, silahkan simak daftar harganya berikut ini.

Harga Burung Tekukur Terbaru 2019

Seperti burung lain, harga burung derkuku juga bervareasi, tergantung dari jenis, umur dan kemampuan manggung burung tersebut. Selain itu, harga dimasing-masing daerah biasanya berbeda, namun saya yakin tidak jauh dari daftar harga tekukur berikut ini :

Jenis Burung DerkukuHarga
Burung Derkuku PutihRp. 1.000.000,-
Burung Derkuku KlantanRp. 500.000,-
Burung Derkuku HIjauRp. 500.000,-
Burung Derkuku SinomRp. 100.000,-
Burung derkuku DerukRp. 100.000,-
Burung Derkukur Biasa BakalanRp. 30.000 – Rp 100.000
Burung Derkuku Biasa GacorRp. 100.000 – Rp 250.000
Sepasang Burung Derkuku BiasaRp. 200.000 – Rp 400.000

Baca juga : Harga Burung Perkutut Terbaru

Cara Memilih Tekukur Berkualitas dari Segi Fisik

Katuranggan merupakan pengetahuan tetang bentuk tubuh. Bentuk tubuh seperti kepala, leher, badan, ekor, kaki, paruh dan bagian lain dipercaya menjadi gambaran kualitas suara burung tersebut.

Berbekal dengan ilmu katuranggan, orang-orang tempo dulu meramal prestasi burung tekukur. Baiklah, berikut ini rangkuman cara memilih tekukur berkualitas dari ciri fisiknya yang saya kutip dari situs Omkicau.

1. Bentuk kepala dari samping

Bentuk aneka ragam bentuk kepala burung tekukur. Dan setiap bentuk kepala dipercaya

  • Njambe nom

Kepala Tekukur Njambe nom

Burung tekukur yang memiliki bentuk kepala Njambe Nom atau seperti buah pinang muda dipercaya mempunyai irama suara yang bagus. Bahkan kemerduan suara dan irama lagunya dapat bertahan hingga burung berumur tua.

  • Mbeton nangka

Mbeton nangka

Burung tekukur dengan bentuk kepala mbeton nangka atau seperti biji nangka umumnya memiliki suara yang bagus. Namun keindahan suara tersebut akan menurun kualitasnya ketika sudah berumur tua.

  • Nggobog

Nggobog

Nggobog merupakan istilah untuk burung tekukur yang memiliki bentuk kepala nyaris bulat seperti uang logam. Tekukur yang memiliki bentuk kepala nggobog dipercaya jika sudah berumur lebih kurang 25 tahun kualitas suaranya akan menurun.

  • Mbungkul bawang

Mbungkul bawang

Burung tekukur yang mempunyai bentuk kepala Mbungkul bawang atau seperti bawang putih memiliki kualitas suara yang tidak menentu. Kadang bagus, namun juga melempem, tidak ada kemajuan apapun.

  • Nakir kuwalik

Nakir kuwalik

Burung tekukur yang mempuanya bentuk kepala nakir kuwalik atau takir kebalik suaranya tidak bisa diharapkan suara merdunya.

2. Bentuk Tubuh

Seperti jenis burung lain, burung tekukur juga memiliki beraneka ragam postur tubuh. Postur tubuh juga menjadi salah satu acuan untuk memprediksi suara tekukur.

  • Nuntut gedhang

Nuntut gedhang

Burung tekukur yang mempunyai bentuk tubuh seperti Nuntut gedhang atau seperti kuncup bunga pisang biasanya bersuara panjang, terdengar jelas, dan baik.

  • Buah nangka

Buah nangka

Burung tekukur yang mempunyai bentuk tubuh seperti buah nangka umumnya memiliki suara tengah agak baik.

  • Mbluluk

Mbluluk

Burung Tekukur yang mempunyai bentuk tubuh mbluluk atau seperti kelapa muda, biasanya memiliki suara tengah yang cukup baik, sedangkan ujungnnya bersuara dua kali (tumpang sari).

  • Njagung Nglobot

Njagung Nglobot

Tekukur dengan bentuk tubuh Njagung Nglobot atau seperti jagung tua yang masih terbungkus kulit dipercaya memiliki suara yang kurang bagus.

  • Wungkal gerang

Wungkal gerang

Sama dengan tekukur Njagung Nglobot, tekukur yang memiliki postur tubuh seperti ungkal gerang (asahan pisau yang sudah aus) diperkirakan memiliki suara yang kurang bagus.

3. Bentuk Ekor

Bentuk ekor burung tekukur ada bermacam-macam. Setiap bentuk dipercaya menggambarkan kualitas dari suara burung tersebut. Berikut ini penjelasannya.

  • Nyecak atau tokek

Nyecak atau tokek

Burung Tekukur yang memiliki bentuk ekor nyecak atau tokek (mengkrucut kebawah) diperkirakan memiliki suara yang sangat bagus, merdu, bersih dan mengkristal.

Linggis

Burung tekukur yang ekornya berbentuk linggis (panjang, lurus dan tubul diujungnnya) dipercaya memiliki suara cukup baik.

  • Kukusan

Hampir terlihat seperti ekor tekukur nyecak, namun ekor tekukur Kukusan nampak lebih besar jika dilihat dari atas dan lebih pendek. Burung dengan bentuk ekor seperti gambar diatas, diperkirakan memiliki suara yang agak bagus.

  • Mendok keris

Mendok keris

Derkuku dengan ekor berbentuk pendok keris diperkirakan bersuara kurang baik.

Sapu gerang

Burung tekukur yang mempunyai bentuk ekor Sapu gerang (sapu lidi yang sudah lama dipakai) diperkirakan bersuara tidak bagus.

Demikianlah informasi tentang harga burung tekukur lengkap dengan tips memilih tekukur berkualitas. Semoga artikel yang sudah saya bagikan dapat bermnafaat. Untuk kalian yang sedang mencari artikel lain, silahkan gunakan fitur pencarian disitus CitCuit.com ini.

Tinggalkan komentar