Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Rajin Bunyi

Cara Merawat Kenari Bakalan – Kenari merupakan salah satu burung pengicau yang paling diminati, terbukti hampir semua kicaumania memelihara burung kecil satu ini.

Suara kicau yang mantap, bernada rapat dan berirama cepat membuat para kicaumania terpikat untuk memeliharanya.

Memelihara kenari hingga mampu gacor siang malam itu tidak mudah, kecuali sobat membeli kenari yang sudah jadi, bukan kenari bahan.

Namun sesuai dengan kualitasnya, kenari yang sudah gacor pasti dibandrol dengan harga yang mahal. Bagi yang berduit si tidak masalah, tapi bagi yang tidak berduit?

Nah, solusi yang tepat bagi yang dananya tidak banyak bisa dengan membeli kenari anakan atau bakalan lalu dilatih dengan baik dan konsisten supaya gacor.

Bagi yang belum berpengalaman merawat kenari anakan jangan khawatir, karena pada artikel ini saya akan memberikan paduan lengkap cara merawat kenari anakan supaya cepat gacor.

Cara Merawat Kenari Bakalan

Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Rajin Bunyi

Merawat kenari bakalan hingga gacor membutuhkan waktu yang tidak singkat. Selain itu, sobat juga harus telaten dan konsisiten merawatnya.

Berikut ini panduan merawat kenari bakalan yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Mandi, Jemur dan Jaga Kebersihan

Menjamin bersihan burung dan kandang merupakan hal mutlak yang harus dilakukan para kicaumania.

Tujuan utamanya agar burung terhindar dari serangan penyakit, baik virus maupun parasit. Karena sangkar dan burung yang kotor akan menjadi pemicu timbulnya penyakit yang mengancam kehidupan burung tersebut.

Secara umum, proses memandikan burung ada 2 cara, yaitu dengan cara di semport menggunakan sprayer dan membiarkan burung mandi sendiri di bak berisi air yang sobat letakan didalam sangkar.

Sambil memandikan burung sobat bisa memberishkan kandang dari kotoran-kotoran yang menumpuk.

Jika kedua proses tersebut sudah selesai, selanjutnya menjemur burung dibawah sinar matahari dan tanpa memberinya pakan kecuali sayuran segar.

Waktu yang bagus untuk menjemur kenari yaitu pada pagi hari hingga jam 10 pagi atau ketika matahari sudah terasa terik. Jika dirasa sudah cukup, pindahkan kenari ke tempat yang teduh lalu berikan pakan berupa biji-bijian.

2. Memberikan Pakan Secukupnya

Pemberian pakan yang berlebihan tidak baik untuk kenari. Hal tersebut akan membuat si burung fokus pada makananya dan malas berkicau.

Selain itu, pakan yang berlebihan bisa membuat kenari gemuk dan mengganggu kesehatannya.

Jadi, berikan pakan secukupnya saja, berikan pakan biji-bijian dengan takaran yang tepat, misalnya 1/3 cepuk pakan.

3. Rutin memberikan EF

EF atau Extra Fooding adalah pakan tambahan untuk si burung. Semua burung kicau kontes pasti diberi pakan tambahan agar nutrisi dan staminanya tetap terjaga.

Pakan tambahan untuk kenari yaitu berupa sayur segar dan buah. Sayuran segar yang direkomendasikan untuk kenari, antara lain sawi, kol, salada, dll. Sedangkan buah-buahnya bisa dengan memberikan buah Apel atau buah Pir. Berikan secara bervareasi agar burung tidak bosan dan hasil maksimal.

Baca juga : Makanan Burung Kenari Terbaik

4. Memberi Egg Food

Egg food menjadi salah satu pakan andalan agar kenari gacor dan rajin bunyi. Egg food bisa berupa potongan telur rebus yang digantung didalam sangkar atau diracing dengan pakan lain untuk diberikan pada kenari.

Umumnya, telur yang direkomendasikan untuk kenari yaitu telur puyuh. Selain porsinya yang pas, telur puyuh mengandung protein yang tinggi sehingga bagus untuk meningkatkan stamina kenari.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sobat bisa memberikan Egg food beberapa hari sekali. Bisa dijadikan sebagai pakan pengganti pakan utama, atau dicampur dengan pakan utama (biji-bijian).

5. Berikan Daun-daunan Hijau

Selain memberikan pakan berupa sayuran, pemberian daun-daunan hijau seperti daun krokot dan daun mengkudu sering dilakukan oleh kenarimania.

Daun krokot dan mengkudu dipercaya dapat membuat suara kenari lebih jernih mengkristal, sehingga suara kenari akan terdengar lebih lantang. Cara pemberian daun-daunan hijau ini sama seperti pemberian sayuran segar, cukup gantung didalam sangkar.

6. Berikan Suplemen Tambahan

Sebenarnya dari pemberian pakan diatas sudah cukup banget untuk memenuhi kebutuhan gizi kenari.

Namun akan makin lengkap, sobat bisa memberikan suplemen tambahan pada kenari, seperti TestoBirdBooster / TBB yang mampu merangsang burung untuk rajin berkicau.

7. Melakukan Pemasteran

Supaya suara kenari semakin bervareasi maka melakukan pemasteran merupakan hal yang wajib. Pemasteran sebaiknya dilakukan ketika kenari masih muda. Kenapa? karena saat masih muda, kenari masih memiliki ingat yang bagus untuk meniru suara kicau yang mereka dengar.

Umumnya suara yang digunakan untuk pemasteran kenari memiliki karakter ngerol atau tembak seperti suara prenjak atau suara cililin. Namun semua itu tergantuk sobat, menginginkan suar isian yang seperti apa.

8. Membuat Burung Nyaman

Ada banyak faktor yang menyebabkan burung gacor dan rajin bunyi, salah satunya yaitu rasa nyaman. Oleh karena itu sobat harus menciptakan suasana yang nyaman dan aman.

Berikut ini beberapa hal yang dapat membuat burung kenari merasa tidak nyaman.

  • Sangkar burung terlalu kotor, hal tersebut menjadi sarang bakteri dan penyakit yang dapat membuat burung gampang sakit.
  • Pakan dan Air minum yang tidak diperhatikan. Misalnya burung kekurangan pakan dan air minum atau sang pemilik malas malas mengganti air minum dan menambah pakan. Hal tersebut dapat berakibat fatal pada burung.
  • Lokasi atau tempat menggantang burung tidak kondusif, misal banyak hewan predator yang mengganggu atau kondisi udara yang tidak bagus karena polusi.
  • Kenari salalu digantang di dekat sangkar burung bersuara keras seperti burung poksay jambul.
  • dll.

9. Memelihara Lebih dari Satu Burung

Sebaiknya pelihara lebih dari satu burung, tujuannya agar kenari terpancing untuk saling bersahut-sahutan. Namun usahakan jangan menggantangnya terlalu dekat, yang terpenting suara kicaunya masih terdengar.

Baca juga : Cara Membedakan Burung Kenari Tua dan Muda

Demikianlah cara merawat kenari bakalan supaya cepat bunyi dan gacor, semoga panduan diatas dapat bermanfaat.

Merawat kenari bakalan hingga gacor memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika sobat merasa tidak sabar dan telaten, sebaiknya membeli kenari yang sudah rajin bunyi.

Jika sobat mencari tips lain seputar burung silahkan gunakan fitur pencarian yang sudah mimin sediakan di CitCuit.com

Tinggalkan komentar