Cara Merawat Burung Sirtu Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Melihat burung sirtu atau cipoh gacor diberbagai media seperti Youtube pasti akan membuat orang terkagum-kagum. Suaranya yang khas mengalun panjang merupakan dambaan bagi para kicaumania.

Namun perlu diketahui, untuk membuat burung cipoh gacor tentu membutuhkan perawatan yang baik dan waktu yang tidak sebentar. Prosesnya pun tidak gampang, bahkan sering membuat bingung para kicaumania pemula.

Oleh karena itu, disitus citcuit.com ini saya akan mengulas cara merawat burung sirut agar gacor dan juga rajin berbunyi. Semoga dengan menerapkan cara yang saya rangkum ini, burung sirtu kalian akan semakin bagus suaranya dan semakin sering ia berkicau.

Cara Merawat Burung Sirtu

Cara Merawat Burung Sirtu Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Suara burung sirtu yang mengalun khas menjadi daya tarik tersendiri bagi para penghobinya. Selain itu, suaranya kerap kali mengingatkan para kicaumania senior akan kenangan di kampung halaman. Sebab burung kecil cantik ini sering dijumpai alam sekitar pedesaan.

Nah, agar burung sirtu teman-teman rajin berbunyi tentu harus dirawat dengan baik. Dan berikut ini panduannya yang kami rangkum dari situs Omkicau.com :

1. Memberi Pakan yang Tepat

Dalam proses perawatan burung supaya gacor, pakan selalu menjadi faktor penting. Dengan memberikan pakan yang tepat dapat menjadikan burung cipoh atau sirtu semakin aktif dan rajin berbunyi.

Makanan Burung Sirtu

Burung sirtu atau cipoh merupakan burung yang gemar mamakan serangga. Sehingga dalam perawatan hariannya sering diberikan pakan berupa serangga seperti kroto, jangkrik dan ulat hongkong.

Selain itu, ada beberapa jenis serangga favorite burung sirut di alam bebas seperti congcorang (belalang sembah), belalang hijau, ulat dan beberapa jenis kumbang.

Kalian bisa nabahkan salah satu pakan alami dalam perawatan harian agar burung ini semakin aktif.

Meski sirtu burung pemakan serangga, namun ia juga kerap memakan buah dan nektar. Beberapa jenis buah yang bisa kalian tambahkan pada perawatan harian seperti buah ceri / kersen dan beri / buni.

2. Penempatan sangkar

Menggantang sangkar burung pun tak boleh sembarangan, kita harus mengenali karaker si burung tersebut. Hal ini sangat penting karena mempengaruhi mental burung tersebut. Lalu dimanakan tepat yang tepat menggantung sangkar burung sirtu?

Penempatan sangkar burung sirtu

Menurut informasi yang kami dapat, burung sirtu atau cipoh merupakan burung arboreal, artinya burung ini menghabiskan lebih banyak di atas pepohonan atau semak belukar dan jarang turun ke tanah. Oleh karena itu, kita harus selalu memperhatikan penempatan sangkar agar burung mudah terpancing untuk berbunyi.

3. Memperdengarkan suara pancingan

Seperti burung ciblek, burung sirtu juga sering berkicau saling bersahutan ketika di alam liar. Burung kecil ini mudah sekali terpancing ketika mendengarkan suara burung sejenis.

Nah, kalian bisa memelihara lebih dari satu burung sirtu agar mereka salah terpacing dan bersahutan.

Atau menggunakan cara yang lebih praktis yaitu dengan mendengarkan suara burung sirtu pancingan mp3 yang bisa kalian download disitus ini.

Kalian bisa memutarkan suara pancingan tersebut kapan saja, baik pagi, siang maupun sore agar burung cipoh kalian tertarik dan berbunyi.

Demikianlah cara merawat burung sirtu supaya gacor dan rajin berbunyi, silahkan kalian praktekan dan semoga berhasil.

Tinggalkan komentar