Cara Merawat Burung Cililin Agar Gacor

Cara Merawat Burung Cililin – Selain terkenal karena suara dencing yang tajam, burung cililin atau yang memiliki nama asli tangkar ongklet ini juga terkenal gampang stress.

Sebagian kicaumania mengeluh kesulitan merawat burung yang sering dijadikan masteran ini.

Bahkan ada juga yang mengeluhkan Cililin miliknya kurang gacor dan perlu dipancing terlebih dulu sebelum digunakan untuk pemasteran.

Hal tersebut tentu akan menghambat proses pemasteran.

Sebagai burung dari keluarga gagak-gagakan, Cililin memiliki kondisi fisik yang paling lemah dan rawan stress jika dibandingkan jenis burung gagak-gagakan lainnya.

Burung yang memiliki nama latin Platylophus galericulatus ini tidak tahan dengan cuaca yang panas, lebih suka ditempat teduh.

Karena sifat tersebut, sebagian ahli menganggap cililin bukan dari keluarga gagak-gagakan sesungguhnya, namun lebih dekat dengan burung dari keluarga cendet / shrike (Laniidae) atau helmetshrike (Malaconotidae).

Nah, untuk membantu sobat CitCuit dalam perawatan cililin, baik yang masih bakalan maupun dewasa, dibawah ini saya sudah merangkum rawatan hariannya.

Silahkan simak dengan baik, semoga bisa menjadi panduan yang bermafaat untuk sobat semua.

Cara Merawat Burung Cililin Agar Rajin Bunyi

Cara Merawat Burung Cililin Agar Gacor

Burung cililin yang banyak dipelihara di Indonesia ada 2 jenis, yang dibedakan berdasarkan wiliyah pesbarannya :

  1. Cililin Hitam, tersebar di pulai Jawa dan Sumatra. Memiliki suara kasar dan ngerol pendek.
  2. Cililin Coklat, tersebar di pulau Kalimantan dan Sumbawa. Memiliki suara meng-kristal dan ngerol panjang.

Karena suara krital dan ngerol panjang, burung cililin coklat lebih sering dimanfaatkan sebagai burung masteran. Harga cililin coklat juga lebih mahal di badingkan cililin hitam. Silahkan cek harga di artikel : Daftar Harga Burung Cililin Terbaru.

Meski harganya beda, namun secara teknis perawatannya sama saja. Silahkan lihat perawatan harian cililin dibawah ini.

Perawatan Burung Cililin Biar Rajin Bunyi

Cililin merupakan burung yang aktif. sehingga perlu asupan gizi yang seimbang untuk mendukung aktifitasnya.

Dengan asupan gizi dan nutrisi yang baik, kesehatan cililin akan terjaga dan lebih rajin bunyi. Sehingga tidak perlu membuat suara bising untuk memancingnya bunyi.

Berikut ini perawatan harian cililin agar rajin bunyi dan tetap sehat :

1. Menjaga Kebersihan

Semua pasti setuju, jika kebersihan adalah pangkal kesehatan. Bersihkan sangkar harian setiap hari. Caranya, mandikan burung dikandang keramba, lalu sangkar harian bersihkan dari berbagai kotoran.

Seminggu sekali, semprot kandang harian menggunakan desinfektan khusus burung seperti FreshAves. Tujuannya agar, hama dan parasit yang ada didalam kandang musnah.

2. Diangin-anginkan

Setelah selesai mandi, angin-anginkan burung menggunakan sangkar harian dan berikan pakan tambahan berupa kroto murni (tanpa semut) 1 cepuk makan. Berikan pakan tambahan ini setiap hari, usai mandi.

3. Penjemuran

Karena burung cililin tidak tahan panas, proses penjemuran hanya dilakukan sekedarnya saja, sekitar pukul 06.30 – 07.30. Tujuannya untuk menghangatkan tubuh burung dan supaya mendapatkan provitamin D dari sinar matahari pagi.

4. Pasca Penjemuran

Setalah dijemur, selanjutnya di angin-anginkan lagi untuk menormalkan suhu tubuh. Selanjutnya berikan pakan tambhan lagi berupa jangkrik.

Berikan 5-8 jangkrik stiap harinya. Jangkrik merupakan sumber protein hewani yang sangat bagus bagi burung.

5. Memberikan Vitamin

Untuk menjaga agar burung tetap sehat dan aktif, berikan juga vitamin tambahan seperti BirdVit. Cukup berikan 2-3 kali dalam seminggu.

Jangan lupa, download suara cililin gacor

Permasalah Perawatan Cililin

Permasalah Perawatan Cililin

Tak ada jalan yang mulus, semua pasti ada masalahnya. Termasuk ketika merawat burung cililin. Semua kicaumania berpotensi mengalami kesulitan ketika merawat cililin. Namun tak perlu khawatir, sebab semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Berikut ini beberapa problema ketika merawat cililin.

1. Burung tak mau makan voer

Jangan anggap remeh jika sebelumnya burung nge-voer total dan tiba-tiba tidak mau makan voer. Pasti ada masalah dengna burung tersebut, berikut kemungkinan yang menyebabkan burug tidak mau makan voer.

  • Burung Stress. Burung yang baru dibeli dan melakukan perjalanan lama biasanya akan mengalami stress. Sebaiknya simpah dulu burung tersebut ditampat yang sepi dan nyaman. Berikan multivitamin seperti BirdFirstAid selama masa adaptasi.
  • Beda merk voer. Setiap voer memiliki kandungan dan rasa yang berbeda-beda. Sebelum membeli sebaiknya tanyakan dulu jenis atau merk voer yang biasa diberikan pada burung tersebut.
  • Tidak nyaman. Ada kemungkinan burung tidak nyaman dengan lokasi sekitar. Sebaiknya pindahkan lokasi setiap 2 jam sekali dan perhatikan apakah burung mau menyentuh makannnya atau tidak.

Solusi : Apabila burung menolak voer yang biasa diberikan, sebaiknya langsung berikan voer yang dicampur dengna kroto. Tujuannya agar burung terangsang untuk memakan voer kembali.

2. Burung macet bunyi

Penyebab burung cililin macet bunyi biasanya karena ada ganguan pernafasan atau karena stress. Apabila tidak ada tanda burung sakit dan prilakunya nampak gelisah berarti burung stress. Sebaiknya burung dikerodong dan jauhkan dari kebisingan.

3. Burung mati akibat penjemuran terlalu lama

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, burung cililin tidak tahan dengan cuaca panas. Jadi jangan sampai menjemur cililin terlalu lama karena dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung kematian.

Demikianlah pemabahasan kita tentang panduan lengkap cara merawat burung cililin. Semoga bermafaat untuk kita semua. Salam CitCuit..dan sampai jumpa diartikel berikutnya.

Tinggalkan komentar