Penyebab dan Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi Dengan Cepat

Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi – Tangkar Ongklet atau yang lebih dikenal dengan burung cililin adalah burung kicau yang suaranya sering dijadikan sebagai isian burung murai. Jadi tidak heran jika para penghobi burung kontes memelihara burung berjambul unik ini.

Dibalik suaranya yang tajam serta jambulnya unik, cililin tidak tahan dengan cuaca panas dan gampang stress. Sehingga tak sedikit para penghobi burung yang mengeluhkan perawatan burung ini.

Ketika burung mengalami stres, biasanya akan bermunculan masalah baru seperti malas makan, tingkahnya aneh dan yang paling sering yaitu burung macet bunyi.

Sebagai burung master, cililin sebaiknya selalu dalam kondisi fit dan gacor. Apabila macet bunyi, maka akan  mengganggu proses pemasteran sehingga hasil masteran tidak maksimal.

Meski pemasteran bisa menggunakan suara cililin mp3, namun akan lebih baik lagi jika menggunakan burung yang asli, tidak hanya sekedar rekaman.

Burung cililin yang macet bunyi, biasanya bisa gacor kembali apabila perawatannya benar.

Untuk memabtu sobat CitCuit yang mengalami permasalan ini, saya akan sharing cara mengatasinya secara lengkap. Silahkan simak panduannya berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi Dengan Cepat

Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi

Sebelum kita bahasa tata cara mengatasi macet bunyi, sebaiknya kita kenali dulu apa penyebab burung tersebut macet bunyi. Dengan mengenali penyebab-penyebabnya, kita akan lebih waspada ketika merawat cililin.

Penyebab Cililin Macet Bunyi

Berikut ini hal-hal yang dapat menyebabkan cililin jarang berkicau atau cenderung macet bunyi :

1. Kelebihan dan Kekurangan Pakan

Peberian pakan yang over dapat menyebabkan burung menjadi malas berkicau dan fokus pada makanan saja. Begitu juga sebaliknya, asupan pakan yang kurang menyebabkan burung kekurangan energi sehingga rawan stres, sakit dan dapat menyebabkan kematian.

2. Di jemur Terlalu Lama

Seperti yang sudah saya sampaikan, burung cililin tidak tahan dengan cuaca panas. Penjemuran yang terlalu lama akan membuat cililin stress hingga dehidrasi. Efek yang timbul bisa menjadi mecet bunyi hingga kematian.

3. Terkena Angin yang Kencang

Menggantang cililin di dekat angin kencang seperti dekat blower, compressor AC, ventilasi udara, atau kipas angin dapat menyebabkan burung mudah sakit dan stamina drop. Ujungnya, burung malas beraktifitas termasuk berkicau.

4. Air Minum yang Kotor

Air minum dan cepuk air minum yang kotor bisa menjadi sumber bakteri dan membuat burung mudah terserang penyakit yang dapat berjung fatal.

Itulah 4 penyebab burung cililin macet bunyi, setelah mengatahui hal tersebut diharapkan sobat CitCuit lebih peduli lagi dengan kondisi burung.

Cililin anda belum gacor? Baca artikel berikut, Cara Merawat Cililin Agar Gacor

Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi

Selanjutnya kita bahas inti artikel ini, yaitu bagaimana cara mengatasi burung cililin yang macet bunyi. Simak ulasannya berikut ini :

1. Mengganti Sangkar

Apabila sebelumnya burung ditempakan di sangkar yang kecil atau sedang, sebaiknya dipindah di sangkar yang lebih luas supaya burung merasa lebih leluasa.  Dengan begitu burung akan merasa lebih nyaman.

2. Pemberian Pakan Tambahan / Ekstra Fooding (EF)

Porsi pemberian pakan tambahan berupa jangkrik dan kroto sebaiknya ditingkatkan. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan stamina yang sebelumnya drop.

Selain kedua jenis pakan tersebut, sobat juga bisa memberikan ulat hongkong atau kepompong.

3. Putarkan Suara Terapi

Agar cililin tenang dan nyaman, sebaiknya burung dikerodong dan digantang ditempat yang tenang, jauh dari kebisingan.

Selanjutnya putarkan suara terapi alam seperti suara hutan dan air mengalir.

4. Penjemuran dan Pemasteran

Penjemuran hanya dilakukan seperlunya saja, hanya untuk menghangatkan tubuh burung dan supaya burung mendapatkan provitamin D dari sinar matahari. Lakukan penjemuran pagi tidak lebih dari 10 menit.

Setelah di jemur, selanjutnya burung di gantang ditempat yang teduh dan sejuk. Gantang didekat burung yang gacor seperti kenari, robin, blackthroat dan sebagainya.

5. Air Bersih

Perhatikan kondisi air, pastikan sobat rajin mengganti dan membersihkan cepuk air minum. Selain itu, bersihkan sangkar setiap hari. Kotoran yang menumpuk didalam sangkar bisa menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit.

Jangna lupa, baca juga : Cara Mengatasi Cililin Over Birahi

Demikianlan panduan untuk mengatasi cililin macet bunyi. Untuk menjaga burung tetap dalam kondisi yang prima, sobat bisa memberikan multivitamin seperti BirdVit 2-3 kali seminggu.

Tinggalkan komentar