Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Membedakan lovebird jantan dan betina memang tidak mudah, terlebih bagi para kicaumania pemula.

Namun sebagai seorang pecinta burung kicau yang gemar dengan burung love bird, tentu kita wajib tahu perbedaan antara lovebird jantan dan betina.

Apa manfaatnya? Dengan bisa membedakan jenis kelamin lovebird, tentu kita tidak akan salah pilih jenis kelamin burung paruh bengkok tersebut ketika hendak membeli.

Apalagi jika kalian bermaksud untuk membudidayakan burung tersebut. Akan merepotkan jika kalian membeli sepasang lovebird yang ternyata keduanya memiliki jenis kelamin yang sama.

Atau ketika kalian sedang mencari lovebird lomba, karena suara lovebird jantan lebih bagus dibandingkan lovebird betina. Jadi kalau salah pilih pasti kalin akan kecewa.

Oleh karena itu, tau cara membedakan lovebird jantan dan betina merupakan yang penting bagi para penggemarnya.

Nah, pada artikel ini saya akan menuliskan secara lengkap bagaimana melihat perbedaan lakbet jantan dan betina dari berbagai segi.

Jadi bagi yang  belum tau dan ingin belajar, silahkan simak artikel berikut ini dengan baik.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina
Gambar Lovebird Jantan dan Betina

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Seperti yang kita tahu, bahwa di dunia ini ada banyak jenis burung lovebird dan memiliki karakterisikan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak semua lovebird bisa diidentifikasi jenis kelaminnya dengan cara yang sama.

Menurut Siti Nuramaliati, dalam bukunya yang berjudul Lovebird terbitan Penebar Swadaya. Tingkat kesulitan membedakan jenis kelamin lovebird dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu  kelompok dimorfik (mudah dibedakan dari penampilan), kelompok intermediate (agak sulit dibedakan dari penampilan burung), dan kelompok lovebird kacamata (sulit dibedakan).

Berikut ini jenis lovebird berdasarkan tingkat kesulitan untuk dibedakan jenis kelaminnya.

1. Kelompok Dimorfik

Perbedaan lovebird jantan dan betina dalam kelompok dimorfik sangat nampak dari penampilannya. Jadi membedakan jenis kelamin lovebird kelompok ini terbilang mudah. Beberapa jenis lovebird yang tergolong dimorfik yaitu :

  • Lovebird Abisinia
  • Lovebird Madagaskar
  • Lovebird Muka merah

2. Kelompok Intermediate

Kelompok yang kedua ini terbilang agak sulit untuk dibedakan dari penampilannya. Pasalnya lovebird jantan dan betina memiliki penampilan yang mirip. Berikut ini jenis lovebird yang tegolong kelompok intermediate :

  • Lovebird black collared
  • Lovebird muka salem

3. Kelompok Lovebird Kacamata

Ada 4 jenis lovebird kacamata yang jenis kelaminnya sulit untuk dibedakan, bahkan untuk tahap lanjut. Jika tidak jeli, maka kalian bisa tertipu alis salah sangka. Dikira lovebird jantan, eh ternyata betina.

Ada yang mengatakan jenis kelamin lovebird kacamata bisa dibedakan dari berat badan jantan dan betina, namun itu bukan hal yang bisa dijadikan patokan. Kenapa? karena berat badan erat kali dengan jenis pakan yang diberikan, seberapa banyak burung tersebut makan, dan lain sebagainya.

Berikut ini empat jenis lovebird kacamata :

  • Lovebird nyasa (Agapornis lilianae)
  • Lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis)
  • Lovebird topeng (Agapornis personata)
  • Lovebird fischer (Agapornis ficheri).

Perbedaan Burung Lovebird Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri-ciri Fisik

Berikut ini cara membedakan lovebird jantan dan betina berdasarkan ciri fisik :

1. Bentuk Paruh Lovebird

Bentuk Paruh Lovebird

Cara pertama untuk membedakan lovebird jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk paruh.

Lovebird jantan umumnya memiliki bentuk paruh yang lancip, agak mancung dan ukuran paruhnya cenderung kecil.

Sedangkan lovebird betina memiliki bentuk paruh yang tumpul, melebar dan ukurannya cenderung besar.

2. Ukuran Tubuh Lovebird

Ukuran Tubuh Lovebird

Burung lovebird jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibanding lovebird betina. Ketika diangkat, si jantan akan terasa lebih ringan sedangkan si betina lebih berbobot.

3. Bentuk Kepala Lovebird

Bentuk Kepala Lovebird

Setelah melihat perbedaan dari ukuran tubuh, selanjutnya lihat perbedaan lakbet jantan dan betina dari bentuk kepalanya. Seperti yang kalian lihat dalam gambar diatas, lovebird jantan memiliki bentuk kepala yang datar atau cepak. Lain halnya dengan lovebird betina, bentuk kepalanya cenderung melengkung atau membulat.

4. Bentuk Sayap Lovebird

Bentuk Sayap Lovebird

Perhatikan pada bagian saya kedua lovebird tersebut. Ketika sedang diam, sayap lovebird jantan umumnya terlihat menyilang dibagian ujungnya. Sedangkan ujung saya betina biasanya terlihat sejajar atau tidak menyilang.

5. Bentu Ekor Lovebird

Bentu Ekor Lovebird

Tidak hanya sayap, bagian ekor lovebird juga bisa menjadi pertimbangan untuk membedakan jenis kelaminnya. Love bird jantan memiliki ekor yang mengkrucut kebawah seperti huruf V. Berbeda dengan lovebird betina, ekornya terlihat lebih mengembang dan rata.

6. Cara Lovebird Bertengger

Cara Lovebird Bertengger

Perhatikan jarak kaki kedua lovebird tersebut. Saat bertengger, jarak kaki lovebird jantan akan terlihat lebih rapat dibandingkan dengan jarak kaki si betina.

7. Jarak Tulang Pubis (Supit Urang) Lovebird

Jarak Tulang Pubis Lovebird

Dari beberapa cara yang sudah saya tulis diatas, cara berikut ini merupakan yang paling akurat untuk membedakan lovebird jantan dan betina.

Caranya yaitu dengan meraba tulang pubis atau supit urang burung lovebird yang terletak diantara kedua kaki atau dibagian perut bawah.

Lovebird jantan umumnya memiliki tulang pubis yang berdekatan atau menyempit jika diraba. Berbeda dengan lovebird betina, jarak tulang pubisnya lebih lebar, kira-kira 0.5 cm atau seukuran lebar jari manusia. Selain itu, tulang pubis lovebird betina lebih elastis.

8. Tes DNA

Apabila menggunakan cara-cara diatas belum bisa membedakan jenis kelamin lovebird. Silahkan gunakan cara terakhir, yaitu Tes DNA.

DAN atau Deoxyribo Nucleic Acid merupakan rangkaian kode genetik yang menyimpan berbagai informasi dalam tubuh makhluk hidup seperti burung.

Dengan melakukan tes DNA pada burung, kalian akan mendapatkan data akurat tentang burung tersebut termasuk dengan jenis kalamin.

Namun cara ini tidak gratis ya, kalian harus mengelurkan biaya yang mungkin tidak sedikit.

Jadi saran saya jadikan Tes DNA sebagai opsi terakhir!

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Saat Birahi

Selain dari ciri fisik, kita juga bisa membedakan jenis kelamin lovebird dengan memperhatikan prilaku lovebird saat sedang birahi.

Saat birahi, lovebird jantan akan sangat aktif, modar-mandir, manggut-manggut dan juga bersuara tek-tek atau cit-cit.

Selain itu, menggesek-gesek tangkringan, meloloh sang betina, melompati bahkan tak jarang si jantan naik keatas tubuh si betina.

Sedangkan lovebird betina umumnya bersikap pasif, hanya merunduk dan ngeleper (membuka saya lebar-lebar).

Selain itu, terkadang si betina terlihat menggigit benda-benda disekitarnya.

Cara Membedakan Lovebird Paud Jantan dan Betina

Membedakan jenis kelamin lovebird memang lebih mudah ketika sudah dewasa. Namun bukan berarti ketika masih anakan atau paud tidak bisa dibedakan antara jantan dan betinanya.

Cara yang paling akurat untuk membedakan lovebird paud jantan dan betina yaitu dengan meraba tulang pubis atau supit udang yang terletak disekitar dubur.

Caranya sudah saya tuliskan diatas, tepatnya pada point ke-7. Jadi silahkan scroll ulang keatas.

Demikianlah cara membedakan burung lovebird jantan dan betina paling akurat. Semoga dengan memahami cara diatas, kalian bisa melihat perbedaan lovebird jantan dan betina dengan mudah. Sekian dari saya, salam CitCuit.com

Tinggalkan komentar