Cara Membedakan Kenari Tua dan Muda

Mampu membedakan burung kenari tua dan muda merupakan hal wajib dimiliki seorang kicaumania tulen.

Ada banyak manfaatnya jika para kicaumania paham hal tersebut. Layaknya manusia, kenari yang sudah tua memiliki fisik yang lebih lemah dibandingkan kenari yang muda.

Karena itu, sobat harus bisa membedakan kenari tua dan muda supaya ketika ingin membeli kenari, sobat tidak salah pilih.

Seperti membedakan kenari jantan dan betina, membedakan usia kenari juga gampang-gampang susah, perlu ketelitian dan latihan terus menerus.

Untuk memudahkan sobat mengetahui umur kenari, saya akan menuliskan tata caranya secara lengkap dibawah ini. Jadi silahkan simak dengan baik,

Cara Membedakan Kenari Tua dan Muda

Apa sih manfaat mengetahui cara untuk membedakan burung kenari yang sudah tua dan muda?

Manfaat utamanya yaitu agar sobat tidak tertipu ketika membeli burung kenari yang sudah dewasa.

Terkadang ada penjual yang nakal, burung yang sudah tua dibilangnya masih muda agar harganya mahal.

Bayangkan saja jika sobat tidak tahu cara membedakannya, pasti akan percaya begitu saja. Hasilnya, burung tidak memiliki stamina dan kemampuan semestinya seperti burung yang masih muda.

Cara Membedakan Kenari Tua dan Muda

Nah, cara paling gampang membedakan kenari tua dan muda yaitu dengan melihat kaki burung tersebut.

Apabila kaki kenari terlihat seperti bersisik (berkerak) dengan kuku yang panjang melengkung, artinya kenari tersebut sudah tua.

Kenari yang masih muda memiliki kaki yang segar, mulus dan kuku cenderung masih pendek.

Selain dari kaki, ada juga yang menandai umur kenari dari warna paruhnya. Kenari yang sudah tua, warna paruhnya terlihat memucat, lain halnya dengan kenari muda yang masih memiliki paruh berwarna segar dan terang.

Cara Mengetahui Umur Kenari

Jika sudah mengetahui perbedaan kenari muda dan tua, selanjutnya kita prediksi lebih dalam lagi, yaitu soal umur kenari.

Karena tidak merawat kenari sejak masih anakan, jadi tidak ada cara pasti untuk mengatahui umurnya. Kita hanya bisa memprediksi atau mengira-ngira saja.

Cara paling mudah untuk mengetahui berapa umur kenari yaitu dari masa mabung atau moultingnya.

Umumnya burung kenari mabung 1 tahun sekali. Jadi apabila kenari yang akan sobat beli sudah mabung 2 kali, artinya umur kenari lebih kurang 2 tahun. Jika sudah mabung 3 kali, berarti umurnya 3 tahun, begitu seterusnya.

Baca juga : Suara Burung Kenari Gacor

Itulah pembahasan kita tentang cara membedakan kenari tua dan muda serta cara mengetahui umur kenari. Semoga pembahasan tersebut dapat bermanfaat untuk kicau semua.

Jika sobat ingin mendapatkan informasi lain tentang burung kicau, silahkan kunjungi terus CitCuit.com karena masih banyak tips yang belum kami sampaikan.

Tinggalkan komentar